Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SDG nomor 3 : Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan

Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan


Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan


Kesehatan yang baik dan kesejahteraan merupakan Tujuan ke-3 dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Sustainable Development Goals. Tujuan utama dari poin ini adalah memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia. Dengan adanya poin ini, tentunya kita berharap tingkat kesehatan akan terus membaik mengingat kesehatan merupakan hulu kesejahteraan.

Jika dilihat dari banyaknya kasus kesehatan yang muncul, tentu poin ini sangat layak menjadi sorotan berbagai pihak. Salah satu kasus terbesar yang patut menjadi sorotan adalah tingkat polusi udara dan perubahan iklim. Berdasarkan data WHO, polusi udara telah menyebabkan kematian pada 7 juta orang setiap tahun karena kanker, stroke, penyakit jantung, dan penyakit paru-paru. Sebanyak 90 persen kematian akibat polusi terjadi di negara berpendapatan rendah dan menengah. 

Disamping menyebabkan polusi udara, penggunaan bahan bakar fosil juga menyebabkan perubahan iklim yang membawa pengaruh pada kesehatan. Jika kita tidak memperbaiki kondisi ini, dapat diperkirakan diantara tahun 2030 hingga 2050, perubahan iklim akan menyebabkan penambahan 250.000 orang yang meninggal setiap tahunnya karena malnutrisi, malaria, diare, dan cuaca panas.

Jika dilihat dari kasus polusi udara dan perubahan iklim tersebut, kejadian tersebut terjadi di negara berpendapatan rendah dan menengah. Jika kita soroti perubahan iklimnya yang dapat terjadi di setiap penjuru dunia, tentunya pelayanan kesehatan yang baik sangat diperlukan. Jika melihat negara-negara yang sedang berkembang, rata-rata negara tersebut masih kekurangan tenaga medis dan kurangnya fasilitas yang memadai untuk merawat warganya.

Beberapa kasus tersebut tentunya akan menjadi sorotan berbagai pihak belahan dunia mengingat kesehatan merupakan hulu kesejahteraan. Jika kondisi tersebut tidak diperbaiki, tentunya akan menjadi sebuah ancaman serius bagi seluruh penduduk dunia. Jika kondisi tersebut terus dibiarkan, maka sebuah kesejahteraan tidak akan tercapai.

Solusi yang dapat diterapkan dari kasus diatas diantaranya adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan mulai beralih ke kendaraan umum yang bertujuan untuk mengurangi gas emisi yang tersebar diantara kita. Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah di Indonesia pun dinilai memiliki nilai guna yang sangat baik, yaitu penerapan standar euro 4 pada tahun 2021. Langkah tersebut dinilai sangat baik dikarenakan dengan diterapkannya standar tersebut tentunya akan membuat udara menjadi lebih baik lagi karena standar emisi yang lebih baik.

Solusi selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan cara meningkatkan layanan kesehatan dan memberi bantuan tenaga medis beserta fasilitas yang memadai kepada daerah terpencil yang ada di seluruh penjuru dunia. Disamping itu, penyuluhan ke daerah-daerah terpencilpun sangat diperlukan mengingat masih ada beberapa orang yang belum percaya dengan tenaga medis beserta obat-obatan yang diberikannya.

Dengan melihat kondisi dunia sekarang yang sangat parah, diharapkan setiap warga dunia dapat memulai memperbaiki lingkungannya dari diri sendiri terlebih dahulu. Diharapkan pula Kasus-kasus tersebut dapat segera teratasi supaya seluruh warga dapat merasakan bagaimana hidup sejahtera  yang tentunya dengan badan yang sehat.


Post a Comment for "SDG nomor 3 : Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan"