Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makalah Pendahuluan Pendidikan Kewarganegaraan

 Makalah Pendahuluan Pendidikan Kewarganegaraan

Makalah Pendahuluan Pendidikan Kewarganegaraan


Kewarganegaraan merupakan hal yang langsung didapatkan oleh seseorang dari saat mereka lahir.Namun karena masih banyak masyarakat yang merasa dirinya tidak diperhatikan oleh pemerintah,dalam arti pemerintah kurang membantu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – harinya,tidak mendukung pendidikan dan pekerjaan dan sebagainya.seakan – akan penderitaan masyarakat tidak diperhatika oleh pihak Negara dan pemerintah dan diabaikan begitu saja.atau bisa saja hal hal tersebut memang bukanlah hak mereka? Kalau memang bantuan pemerintah kepada mereka itu adalah hak yang harus diterima mereka,mengapa bantuan itu belum juga datang?

Selain mereka  yang merasa hak – haknya sebagai warga Negara belum didapat,ada juga orang orang yang benar – benar hak mereka sudah didapat, akan tetapi belum menunaikan kewajibannya sebagai warga Negara dan mereka tidak mau membela Negara dikala negeri ini terancam Negara lain.mereka tidak mau bertindak bahkan tidak mau tahu dikala hak – hak paten seni – seni kebudayaan Indonesia dirampas dan diakui oleh Negara lain, dan bahkan mereka mengambil hak – hak rakyat jelata demi kepentingan saku pribadi dan sungguh masih banyak sekali fenomena – fenomena yang terjadi pada negeri ini. Apakah ini terjadi karena kekurangpahaman masyrakat tentang hak dan kewajibannya sebagai warganegara? Atau mereka paham tentang itu, akan tetapi karena hawa nafsu syaitoniyahnya telah menguasai akal pikirannya sehingga tertutup kebaikan dalam jiwa.

Saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi berbagai permasalahan di berbagai bidang kehidupan yang cukup serius,baik di bidang kehidupan yang cukup serius, baik di bidang ekonomi, politik, hokum, pendidikan, social, budaya dan bidang lainnya. Banyaknya permasalahan tersebut dituding sebagai akibat dari semangat dan nilai – nilai perjuangan bangsa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan sudah mengalami penurunan yang luar biasa sehingga bangsa ini kesulitan untuk mengatasinya. Di sisi lain, derasnya arus globalisasi semakin memperparah tergerusnya nilai – nilai dan semangat perjuangan yang dulu dibanggakan.

Diakui atau tidak, kita tak mungkin menghindar dari globalisasi. Karena itu untuk mengantisipasi dampak negatif dari globalisasi tersebut diperlukan suatu kekuatan semangat dan nilai – nilai perjuangan seperti dilakukan oleh bangsa Indonesia di era sebelum merdeka dan ketika merebut seta mempertahankannya. Untuk itu diperlukan sarana pewarisan semangat dan nilai – nilai perjuangan yang menjadi karakter bagi setiap warga Negara Indonesia, khususnya bagi mahasiswa sebagai calon cendikiawan pewaris bangsa yaitu melalui pendidikan kewarganegaraan.

Untuk mendapatkan makalah tentang pendahuluan pendidikan kewarganegaraan, klik disini.

Post a Comment for "Makalah Pendahuluan Pendidikan Kewarganegaraan"