Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Algoritma : Pemilihan Kepala Desa

 Contoh Soal Algoritma : Pemilihan Kepala Desa

Contoh Soal Algoritma : Pemilihan Kepala Desa


Pada Peristiwa Pemilihan Kepala desa (kades), setiap warga yang mempunyai hak pilih memilih satu diantara 4 calon kades. Kartu suara memuat foto dan nomor urut kades. Warga mencoblos calon kades yang dipilihnya, lalu memasukkan kartu suara kedalam sebuah kotak. Setelah pemungutan suara usai, kegiatan selanjutnya adalah menghitung jumlah surara untuk masing-masing calon. Untuk menghitungnnya, panitia tidak menggunakan table cayley seperti yang dilakukan orang, tetapi menyediakan empat buah kotak kosong (yang merepresentasikan 4 calon kades). Satu persatu suara diambil dan dibaca. Setiap kali katu berisi coblosan nomor satu maka sebutir batu kecil dimasukkan kedalam kotak 1. Begitu pula setiap kali kartu suara yang berisi coblosan nomor dua, maka sebutir batu kecil dimasukkan kedalam kotak 2. Hal yang sama juga dilakukan untuk kartu yang berisi coblosan nomor 3 dan empat. Demikian seterusnya sampai semua kartu suara habis dibaca. Akhirnya jumlah batu di dalam setiap kotak menyatakan jumlah suara yang diraih oleh setiap calon kades. Tulislah algoritma untuk menghitung jumlah suara untuk masing-masing calon kades dengan metode perhitungan yang unik ini. Asumsikan bahwa semua suara adalah sah (tidak ada golput).

Jawaban:

A.    Algoritma

1. Mulai

2. Terdapat 4 calon kepala desa yang akan dipilih oleh warga desa.

3. Setiap warga yang mempunyai hak pilih berhak memilih satu diantara 4 calon kades.

4. Warga memilih calon kepala desa dengan cara mencoblos kartu suara calon kepala desa yang dipilihnya

5. Kartu suara dimasukkan kedalam sebuah kotak.

6. Jika semua warga telah melakukan hak pilihnya, maka selanjutnya panitia melakukan penghitungan suara

7. Untuk penghitungan suara, panitia menyediakan 4 buah kotak kosong yang transparan.

8. Setiap satu suara yang memuat coblosan calon kepala desa akan dimasukan sebutir batu kecil kedalam kotak

9.  4 calon kepala desa tersebut kita misalkan dengan  KADES 1, KADES 2, KADES 3, dan KADES 4

10. Jika suara yang diambil dan dibacakan berisi coblosan no urut 1, maka kotak milik KADES 1 diisi sebutir batu kerikil, jika suara bukan no urut 1 maka lanjutkan ke langkah 11.

11. Jika suara yang diambil dan dibacakan berisi coblosan no urut 2, maka kotak milik KADES 2 diisi sebutir batu kerikil, jika suara bukan no urut 2 maka lanjutkan ke langkah 12.

12. Jika suara yang diambil dan dibacakan berisi coblosan no urut 3, maka kotak milik KADES 3 diisi sebutir batu kerikil, jika suara bukan no urut 3 maka lanjutkan ke langkah 13.

13. Jika suara yang diambil dan dibacakan berisi coblosan no urut 4, maka kotak milik KADES 4 diisi sebutir batu kerikil.

14. Setelah dibacakan dan dihitung semua surat suara sampai selesai, maka jumlah batu kerikil yang ada di dalam kotak pada masing masing calon kepala desa adalah jumlah suara yang diraih oleh masing masing calon kepala desa

15. Calon kepala desa adalah calon kepala desa yang memiliki jumlah batu kerikil paling banyak diantara calon kepala desa lainnya.

16. Selesai


B.Flowchart




Post a Comment for " Contoh Soal Algoritma : Pemilihan Kepala Desa"